Dihukum

Tayangan Nanny 911 di metro tv episode keluarga Lorimer (CMIIW) hari minggu yang lalu bener2 berkesan buatku. Karena dari situ aku bisa liat klo sama anak tu harus konsisten dan tegas (harus “tega” juga, for their own sake) tapi tetep loving and caring. Buah dari konsistensi dan ketegasan adalah disiplin. Untuk keluarga Lorimer, perubahan signifikan yang terjadi pada anak2nya adalah mereka (1 anak umur 3 tahun dan 1 anak umur 4 tahun) sudah tidak pernah menendang dan menggigit serta sudah bisa lepas dari empeng (which was yang paling susah ngatasinnya).

Sebenernya beberapa ilmu dari para nanny di Nanny 911 sudah ada yang ku praktekkan seperti soal konsistensi aturan (ayah harus kompak ama bunda, klo A ga boleh berarti ayah-bunda sepakat bilang A ga boleh, trs klo ga boleh ya berarti ga boleh bukan berarti ada toleransi klo ga ada ayah jadi boleh), reward and punishment juga. Soal hukum-menghukum ini juga sudah beberapa kali ku terapkan. Tapi sebelum2 ini ga pernah benar2 berkesan buat kami karena Aqeela juga tampaknya belum mengerti benar mengapa dia dihukum dan apa itu dihukum. Sampe kejadian di hari minggu kemarin. Aqeela tiba-tiba menjambak rambut bunda. Mungkin niatnya cuma becanda dan iseng aja. Tapi walopun bunda dan ayah sudah mencoba memperingatkan Aqeela untuk melepaskan jambakannya dari rambut bunda, Aqeela tetap gamau melepaskan tangannya. Akhirnya bunda hukum Aqeela di pojok hukuman. Aqeela harus diem disitu slama 2 menit. Tapi bo, Aqeela nya nangis kuenceng banget dengan beberapa kali percobaan untuk pergi dari pojok hukuman. Yang pastinya bunda slalu balikin Aqeela ke pojok itu sampe 2 menit nya slesei. Jangan tanya gimana perasaanku waktu itu. Ga tega sebenernya denger tangisan Aqeela yang emang jarang banget nangis. Mana nangisnya sambil minta tolong ke ayahnya, “ke ayah.. gendong ayah.. “. Ancur rasanya hatiku. Pengen banget meluk dia dan say it’s ok. Tapi kan aku harus konsisten dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Bener-bener 2 menit yang lama banget. Wew, teori and praktek emang beda ya. And pasti tahu lah mana yang lebih gampang. Udah gitu klo kita liat orang lain kita suka komentar, “ah gitu aja ga bisa, gampang kan” padahal klo kita sendiri yang ngalamin.. wew.. it’s not that easy..

Akhirnya setelah Aqeela tenang, bunda ma ayah jelasin deh ke dia soal dihukum-nya Aqeela. Aqeela bilang, “iya ayah.. iya bunda..”. Trus salim deh ama bunda untuk minta maaf. Heh! Parenting itu syusyah dan kayak naik roller coaster, bikin sport jantung dan penuh kejutan! Harus lebih banyak belajar nih…

Ya Allah.. berilah petunjuk-Mu semoga kami bisa menjadi orang tua yang baik.. Amiin..

Advertisements

5 thoughts on “Dihukum

  1. Stuju….
    Nanny 911 emang inspiring..

    awalnya aku pikir ekspresi para orangtua yang ga tega dan cenderung menentang nanny saat memberikan punishment ke anak2 mereka itu cuma akting doang loh mil (walau tetap tidak mengurangi makna cerita), tapi setelah baca tulisanmu ini aku baru tau kalau menerapkan punishment ke anak sendiri ternyata tidak segampang itu…

    Saluuut deh…

    *jadi ingat pas di kos an dulu kalo keras kepalanya kita lagi keluar kekekeke…*

    Like

  2. Parenting tuh apaan ya? hihihi secara aku blm nyampe ke tahap itu tapi yg jelas blog ini bener2 bisa buat belajar terutama buatku hehehe..

    Hati hancur gpp, yg penting anak bisa belajar disiplin n bisa menghargai orang lain. Selamat ya Mil..

    Like

  3. aku praktekin waktu negur Ankaa yg gigit waktu nenen. ta liatin matanya sambil kasih tau kalo dia ga boleh gigit waktu nenen. it works!!!

    i luv nanny Deb sooo much

    Like

  4. hai Bunda Aqeela, salam kenal ya.. Bner kok, ngajarin disiplin n attitude yang baik ke anak syusyaahhh.. tapi lebih syusaaah lagi ngajar diri sendiri secara kita berusaha jadi ibu yang baik n bisa jadi contoh.. ehm..
    Btw, kuncinya mau terus belajar n memperbaiki diri, InsyaALLAH. Salam kenal ya Bun, tukeran link yuuuk.. ! ;p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s